PENDIDIKAN

DANA ALOKASI TAHUN 2010/2011 UNTUK PENDIDIKAN KOTA JAMBI SENILAI RP 9 MILYAR

//

Location of Jambi in IndonesiaLocation of Jambi in Indonesia

Jambi,Reportase Kriminal Post             Di ruang kerjanya , Yumizar Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi mengatakan Kepada Reportase Kriminal Post,”bahwa Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Angggaran Tahun 2010/2011 senilai RP 9 Milyar telah terealisasi dengan baik.

Bantuan tersebut diberikan kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan dalam pembangunan atau rehabilitasi. Dikatakan oleh Yumizar,”bahwa setiap sekolah membutuhkan kebutuhan yang berbeda-beda , jadi anggaran diberikan sesuai dengan kebutuhan sekolah tersebut masing-masing dan tidak semua sekolah kebutuhannya sama dan dengan nilai anggaran yang sama pula”.

Jumlah keseluruhan sekolah yang ada di Kota Jambi dari jenjang SD,SMP,SMA dan SMK sebanyak 500 sekolah dan hal tersebut membutuhkan anggaran yang besar nilainya.

Alokasi dan realisasi  Anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Tahun 2010/2011 banyak didapatkan oleh sekolah yang berada di kawasan Jambi Selatan,tegas Yumizar kepada Reportase Kriminal Post.

Apakah semua proyek atas nama Dana Alokasi Khusus ( DAK ) yang dikerjakan tidak mengalami masalah atau penyelewengan di  lapangan ? Yumizar mengatakan,”bahwa dari pihak PPTK,konsultan dan PHO belum sama sekali melaporkan adanya ketidak beresan proyek,tegas Yumizar kepada Reportase Kriminal Post.

Tahun 2010/2011 anggaran DAK senilai RP 9 Milyar namun Untuk Tahun 2012 anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ) naik menjadi RP 12 Milyar rupiah , ujar Yumizar berarti ada peningkatan .

***Hvr***

 

 

 

 

 

 
———————————————————

SOAL UN 2013 AKAN DIUBAH

Kamis, 13 September 2012 | 09:06 WIB

Integrasi UN untuk Masuk PTN Dimulai Tahun 2013
Ujian Nasional Matikan Kreativitas
Jakarta ,Reportase Kriminal Post—
Materi soal ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK pada 2013 direncanakan berubah. Hal itu untuk mengikuti keinginan pemerintah mengintegrasikan hasil ujian nasional untuk seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan.

Nantinya soal ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK didesain untuk mengukur prestasi siswa di jenjang akhir pendidikan menengah sekaligus memprediksi potensi siswa di perguruan tinggi. Akhir September 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditargetkan punya format yang akan dibahas bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia.

”Pemerintah dan BSNP akan segera rapat membahas integrasi UN SMA/MA/SMK dengan seleksi perguruan tinggi. Kemungkinan ada perubahan soal UN yang sekaligus bisa untuk seleksi PTN,” kata Djemari Mardapi, anggota BSNP di Jakarta, Rabu (12/09/2012).

Menurut dia, pengintegrasian UN dengan seleksi masuk PTN selama ini masih pro-kontra. Sebab, UN untuk mengukur prestasi siswa di sekolah, sedangkan seleksi PTN memprediksi potensi akademik dan keberhasilan calon mahasiswa selama kuliah.

”Kami sedang mencoba untuk mengintegrasikan kebutuhan mengevaluasi prestasi dan prediksi lewat pelaksanaan UN,” tegas Djemari.

Jika terlaksana, anggaran pelaksanaan UN dan seleksi masuk PTN yang besar bisa diefektifkan. Namun, mutunya tetap sesuai kebutuhan dengan yang diinginkan pemerintah dan PTN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemanfaatan hasil UN SMA/MA/SMK untuk masuk PT, khususnya PTN, harus dilaksanakan. Selama ini, hasil UN pada jenjang SD/MI dipakai dalam seleksi masuk SMP/MTs, sedangkan hasil UN SMP/MTs untuk SMA/MA/SMK. Namun, hasil UN SMA sederajat belum sepenuhnya diakui PTN karena dinilai belum valid akibat tingginya dugaan kecurangan.

”Kalau integrasi hasil UN ke seleksi masuk PTN terlaksana, beban siswa berkurang. Tidak hanya meringankan biaya, tetapi siswa tidak stres karena konsentrasi di UN sudah bisa dipakai untuk seleksi di PTN,” papar Nuh.

Sementara itu, Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Idrus Paturusi mengatakan, wacana integrasi hasil UN untuk seleksi PTN mulai diterima kalangan PTN. Namun, formatnya masih perlu dibahas.

”Bisa jadi dengan bobot persentase nilai UN dan nilai rapor,” kata Idrus, yang juga Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kecurangan UN

Terkait dengan kecurangan UN, Nuh menjelaskan, pemerintah berupaya lebih untuk meminimalkan hal itu tahun depan. Caranya, membuat soal dalam 20 variasi atau lebih.

Ada juga rencana pemerintah menaikkan standar minimal kelulusan UN tahun 2013. Apalagi, kelulusan UN sudah mencapai 99 persen lebih.***ANT.H***

——————————————————

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Terupdate & Terpercaya