MUARA JAMBI_RESKRIM

Pihak Kepala Sekolah SMKN 10 Muara Jambi mengadakan pungutan biaya penyelenggaraan sekolah terhadap para siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 3.

Sementara total keseluruhan para siswa adalah 253 siswa.

Ketika dikonfirmasi pada Minggu,08/05/2016/sekira pukul 17.37WIB,Abdul Manap,SE mengakui bahwa dirinya telah memungut biaya pendidikan terhadap para siswanya atas dasar persetujuan komite sekolah sementara status sekolah adalah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Jambi.

Sedangkan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 jelas menguraikan bahwa pungutan dan/atau sumbangan dalam bentuk apapun sifatnya tidak memaksa dan tidak memberatkan dan harus ditangani oleh akuntan publik dan dipublikasikan kepada publik melalui media massa.

Dalam hal itu,Abdul Manap,SE sama sekali tidak mempublikasikan ke media massa maupun memerintahkan dan/atau meminta akuntan publik untuk mengelolanya. Pungutan pembiayaan penyelenggaraan pendidikan senilai Rp.75.000 per siswa yang dimulai sejak tahun 2013 lalu. Di samping itu Kepala Sekolah Abdul Manap,SE diduga telah memberikan jawaban soal kepada para siswa ketika menghadapi UN(Ujian Nasional)

Perbuatan Kepala Sekolah SMKN 10 Muara Jambi jelas telah mengangkangi Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008.

Sejumlah masyarakat dari orang tua para siswa meminta agar kepala sekolah SMKN 10 Muara Jambi diproses secara hukum.***007***

Iklan